Saturday, 15 May, 2021

Cerita Lucu Saat Dua Moge Polisi Kejar Gus Dur Karena Ingin Bersalaman


registraceodkazu – Di penghujung masa Orde Baru, sebuah kampus di Jawa Timur mengundang Gus Dur sebagai juru bicara acara tersebut. Saat itu, para intelektual penting, termasuk Gus Dur, dilarang bicara. Peristiwa ini mengerahkan aparat keamanan secara ketat, dan Gus Dur saat itu merupakan salah satu simbol gerakan demokrasi.

Cerita Lucu Saat Dua Moge Polisi Kejar Gus Dur Karena Ingin Bersalaman

Meski kejadian tersebut diawasi ketat oleh aparat keamanan (polisi saat itu), Gus Dur mampu berbicara di depan banyak aktivis dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia atau GMNI.

Kemudian, usai berpidato di acara tersebut, Gus Dur bergegas masuk ke dalam mobil menuju Surabaya. Di tengah perjalanan, dua motor GEDE milik polisi membuntuti di belakang mobil Gus Dur, meski tidak menyembunyikan sirene.

Bersamaan dengan itu, Gus Dur meminta kepada pengemudi untuk menambah kecepatan kendaraan yang dikendarainya. Dengan begitu, mobil yang dikendarai Gus Dur itu kencang, dan polisi yang mengikutinya juga ngebut.

Akhirnya, dua motor polisi yang mengejar mobil Gus Dur, melaju dengan cepat, dan tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Sopir Gus Dur itu tiba-tiba kaget dan buru-buru menginjak rem, khawatir akan terjadi kecelakaan jika menabraknya.

Atas dasar kejadian ini, Gus Dur merasa resah, membuka jendela mobil dan berkata, “Ada apa ini, kamu mengejarku?” Tanya Gus Dur. Salah seorang polisi menjawabnya: “Assalamu’alaikum Kiai…”, “Ya, ada apa, saya udah pergi. Kamu pergi!” Kata Gus Dur, berusaha menghentikan keduanya. Polisi mendekat.

Ketika seorang polisi menghampiri jendela mobil Gus Dur, dia menjawab: “Begini kiai.” Di saat yang sama, pengemudi dan penumpang sudah terlanjur khawatir. “Begini, kiai, maaf, saya tidak berjabat tangan dengan njenengan, jadi saya terpaksa mengikuti kiai. Tolong, saya mau berjabat tangan”. Kata kedua polisi itu.

Akhirnya keduanya bersalaman dan mencium tangan Gus Dur. Keduanya puas karena bisa bersalaman dengan Gus Dur.

Kisah ini dikomunikasikan oleh AS Hikam dan ditulis dalam sebuah buku berjudul Gus Dur Ku, Gus Dur Anda, Gus Dur Kita.

0 comments on “Cerita Lucu Saat Dua Moge Polisi Kejar Gus Dur Karena Ingin Bersalaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *