Tuesday, 19 October, 2021

Reciprocal Link dan Bagaimana Dampaknya ke SEO


Reciprocal Link dan Bagaimana Dampaknya ke SEO Tautan timbal balik dalam dunia SEO sangat umum, karena pembentukan tautan balik dari satu situs web ke situs web lainnya pada dasarnya adalah proses di luar kendali pemilik situs.

Reciprocal Link dan Bagaimana Dampaknya ke SEO

Registraceodkazu – Jika Anda sudah lama memiliki blog atau situs web, Anda mungkin akan menerima tawaran untuk bertukar tautan dari pemilik situs web lain.

Saling tukar atau tukar link sering dianggap oleh para praktisi SEO sebagai hal yang tidak digunakan lagi dan cenderung dihindari. Prasangka ini disebabkan oleh banyaknya praktik pertukaran tautan mencurigakan yang terjadi di antara pemilik situs ilegal.

Baca Juga : Perkenalan Tentang SEO, Hingga Teknik Marketing Digital

Namun pada kenyataannya, tidak semua pertukaran link yang terjadi disebabkan oleh praktik ilegal dan mencurigakan.

Apa itu tautan timbal balik?

Tautan timbal balik adalah tautan yang terjadi di dua situs web dan mengarah ke satu situs web yang serupa. Ini biasanya terjadi ketika pemilik situs web menempatkan backlink ke situs web lain dan ada catatan berikut bahwa pemilik situs web lain melakukan hal yang sama:

Apakah tautan timbal balik buruk untuk SEO?

Di dunia SEO, tautan timbal balik sering kali memiliki implikasi negatif karena dianggap tidak memiliki nilai tertentu dari perspektif mesin pencari atau mesin pencari.

Jika terjadinya pertukaran tautan dikaitkan dengan skema pertukaran tautan yang sering terjadi untuk situs ilegal, situs web tersebut akan diberi label negatif oleh mesin pencari.

Cara meningkatkan SEO situs web menggunakan tautan timbal balik

Sebagai jawaban atas pertanyaan sebelumnya, jika tautan berikut bermanfaat dan meningkatkan pengalaman membaca bagi pengunjung situs Anda, pertukaran tautan dapat memberikan efek positif tambahan pada SEO situs web Anda.

Baca Juga : Cara Cari Duit Online yang Sudah Teruji Keberhasilannya

Berdasarkan konsep ini, Anda dapat menggunakan dua langkah ini untuk meningkatkan SEO situs web Anda dengan bertukar tautan.

  • Menyediakan tautan ke situs web yang relevan dan berkualitas tinggi yang meningkatkan pengalaman membaca pengunjung Anda.
  • Pastikan bahwa tautan yang mengarah ke situs Anda juga terkait dengan konten yang tersedia di laman tersebut.
  • Bangun interaksi yang baik dengan situs web lain sehingga tautan timbal balik terjadi secara organik dan alami.

Jika dilakukan dengan benar, bahkan hubungan timbal balik dapat menguntungkan kedua belah pihak pada saat yang bersamaan.

Menurut survei yang dilakukan oleh Ahrefs, 43,7% halaman peringkat 1 hingga 10 di mesin pencari Google memiliki tautan timbal balik yang menunjuk ke satu situs web serupa.

Risiko menggunakan tautan timbal balik

Tautan timbal balik yang terjadi secara organik dan tanpa kesepakatan antara kedua pemilik situs web tentu memiliki efek positif tambahan. Namun, pertukaran tautan dapat menjadi bumerang jika dilakukan tanpa nilai atau utilitas tautan.

Di bawah ini adalah beberapa risiko tukar link yang dapat merusak SEO website Anda.

1. Penalti situs

Tautan timbal balik sangat dilarang oleh pedoman Google Webmaster. Pertukaran tautan yang berlebihan menunjukkan bahwa Anda telah mencoba memanipulasi hasil pencarian bersama dengan pertukaran tautan di situs terkait.

2. Penurunan otoritas dan peringkat

Menambahkan tautan ke situs web lain yang tidak relevan dengan konten yang tersedia di situs Anda berisiko menurunkan otoritas dan peringkat situs web Anda di mesin telusur. Sebelum menambahkan tautan, pastikan konten yang tersedia di halaman berikutnya terkait dengan konten.

3. Tingkatkan SEO situs pesaing

Jika Anda tidak melakukan survei terperinci dan memberikan tautan tambahan ke situs web atau halaman yang memiliki kata kunci target yang sama dengan Anda, Anda akan langsung membantu peringkat situs web tersebut lebih tinggi. ..